Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asteroid atau Comet? Benda Aneh yg Diberi Nama 'Phaethon'


Tipsbudy - Asteroid biru aneh yang layaknya seperti komet dan tampaknya bertanggung jawab atas hujan meteor Geminid tahunan dekat Bumi tahun lalu, hal ini memberikan para astronom kesempatan untuk mempelajari objek tersebut dengan detail yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Mereka menemukan bahwa asteroid ini bahkan lebih aneh dari yang mereka bayangkan.

Asteroid 3200 Phaethon adalah batuan luar angkasa unik dengan warna biru langka dan orbit yang sangat eksentrik yang memiliki objek yang melintas di bawah sinar matahari dan kemudian keluar melewati orbit Mars. Satu orbit membutuhkan sekitar 1,4 tahun Bumi. Dan Orbit semacam ini lebih khas untuk komet daripada asteroid.

Meskipun Phaethon bertindak seperti komet, namun tidak terlihat seperti komet. Ketika komet mendekati matahari, mereka membentuk awan yang dikenal sebagai "koma" dan ekor panjang debu dan gas. Phaethon, bagaimanapun, selalu terlihat seperti titik kecil yang mengambang di angkasa.

Pada 16 Desember 2017, asteroid Phaethon melakukan pendekatan paling dekat ke Bumi sejak 1974, melewati 6,4 juta kilometer (10.3 juta kilometer) planet kita. Sementara para astronom di halaman belakang mengarahkan teleskop mereka ke arah batu angkasa untuk melihat sekilas flyby bersejarah, para astronom di observatorium di seluruh dunia mengambil kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa objek itu dan dari mana asalnya.

Teddy Kareta, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Arizona yang memimpin upaya internasional untuk menyelidiki Phaethon selama flyby, mempresentasikan temuan timnya di sini pada pertemuan tahunan ke-50 dari American Astronomical Society's Division for Planetary Sciences hari ini (23 Oktober). Kareta dan rekan-rekannya mengamati pendekatan dengan" Phaethon" menggunakan Fasilitas Teleskop Inframerah NASA di Mauna Kea di Hawaii dan teleskop Tillinghast di Mount Hopkins di Arizona

Temuan dari penelitian baru ini akan berguna bagi para ilmuwan dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), yang saat ini merencanakan misi ke Phaethon. Misi ini disebut DESTINY + (singkatan untuk Demonstrasi dan Percobaan Teknologi Luar Angkasa untuk Pelayaran Antar Planet, Phaethon Fyby and Dust Science), dan saat ini dijadwalkan untuk diluncurkan pada tahun 2022.

DESTINY + akan terbang oleh Phaethon dan benda-benda dekat Bumi lainnya untuk mempelajari bagaimana debu dikeluarkan dari benda-benda ini. Ini akan membantu menjelaskan ekor debu kecil Phaethon. DESTINY + bisa membantu para ilmuwan mengetahui apakah Phaethon adalah asteroid, komet atau sesuatu yang lain. "Mungkin di suatu tempat di tengah," kata Kareta

Post a Comment for "Asteroid atau Comet? Benda Aneh yg Diberi Nama 'Phaethon'"