Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Buah Dan Sayur Yang Lebih Sehat Jika Dimakan Dengan Kulitnya


Tips budy - halo sobat, pernah makan buah atau sayur? , Terus dikupas kulitnya?
Sah sah saja sih tapi tau gak kalau sebenarnya ada sebagian buah dan sayuran yang ternyata lebih baik dimakan dengan kulit kulitnya loh, dimana buah buahan ini juga sering kita dapatkan dengan mudah loh.
Dan kali ini tips budy bakal ngebahas satu persatu ya gengs.

1. Buah Apel
Tahukah kalian bahwa setengah serat dalam apel itu terkandung di bagian kulit nya loh.
Dalam kulit apel terdapat kandungan senyawa pektin yang ampuh basmi kolesterol dan gula darah, dan juga bakal bikin kamu kenyang lebih lama loh.
Kulit apel juga punya kandungan vitamin K yang 4 kali lebih banyak untuk proses pembekuan darah, mengaktifkan protein untuk pertumbuhan sel dan pemeliharaan tulang. Belum lagi kandungan antioksidan quercetin seperti yang juga dimiliki bawang merah yang baik untuk paru-paru, mencegah pikun dan melawan kerusakan jaringan otak. Mengupas kulit apel malah bikin kamu rugi bandar!

2.Buah Anggur
Pernah kupas kulit anggur?
Ada sebagian orang yang mengupas kulit anggur , namun tahukah kita bahwa di kulit anggur mengandung resveratrol, antioksidan antikanker.
Resveratrol sendueu bermanfaat untuk kesehatan jantung dan otak, memperlambat sel kanker, juga bikin wajah lebih awet muda. Jadi, setelah mencuci bersih anggur, langsung konsumsi sekaligus kulitnya, ya!

3.Mentimun
Hampir semua serat pada mentimun terkandung di kulitnya, sementara, dagingnya lebih banyak mengandung air. Warna hijau dari kulit mentimun mengandung antioksidan, serat, potasium, fosfor, kalsium dan vitamin K yang berguna untuk menurunkan berat badan, menambah kesehatan mata dan tulang.

4.Wortel
Senyawa polyacetylenes pada wortel terkonsentrasi tepat di bawah kulit. Polyacetylenesdiyakini mengandung antijamur, antibakteri, dan memiliki efek antiinflamasi. Polyacetylenes ini termasuk senyawa kimia yang tengah diteliti terkait potensinya untuk membunuh sel kanker. Jadi, sekarang, mending, cukup dicuci bersih saja.nggak usah kupas wortel tebal-tebal.

5. Pisang
Kulit pisang ternyata bisa bantu kerja usus, dan bikin perasaan bisa jadi lebih bahagia.
Asam amino triptofan yang bisa meredakan depresi dengan meningkatkan kadar serotonin tubuh. Nggak hanya itu, di kulit buah ini juga terkandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, vitamin B dan C serta air. Kulit buah pisang mengandung potasium yang bisa membantu sistem kerja organ tubuh dan menghilangkan pegal-pegal
Kamu bisa cuci kulit pisang terlebih dahulu lalu dihaluskan dengan blender.


Sebelum makan buah-buah di atas dengan kulitnya, tentu kamu khawatir dengan kandungan pestisida di dalamnya, kan? Tenang, kamu bisa mencucinya dengan air mengalir, jangan lupa gosok permukaannya dengan tangan atau sikat yang lembut. Bersihkan juga bagian pangkal buah seperti tangkai dan ujung-ujungnya, ya!

Makan buah dan sayur dengan atau tanpa kulitnya adalah pilihan dan selera masing-masing. Tapi, kalau kamu bisa dapat manfaat berlipat-lipat dari mengonsumsi buah dengan kulitnya, kenapa nggak?

Post a Comment for "5 Buah Dan Sayur Yang Lebih Sehat Jika Dimakan Dengan Kulitnya"